Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bayan Ancient Tree, Objek Wisata Marga, Tabanan - Bali

Bayan Ancient Tree, Objek Wisata Marga, Tabanan - Bali - Mungkin bagi sebagian orang objek wisata ini tergolong jarang didengar. 

Tetapi tunggu dulu, sesuatu yang unik dan fenomenal seperti keberadaan pohon raksasa di desa Tua, Tabanan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi mereka yang suka berburu foto-foto cantik dengan suguhan berbeda dan anti mainstream, maka pohon raksasa tersebut bisa menjadi tujuan wisata ideal. 

Bayan Ancient Tree, Objek Wisata Marga, Tabanan - Bali
Bayan Ancient Tree, Objek Wisata Marga, Tabanan - Bali source img:
@keynieke

Pohon kayu putih yang sudah tua ini diperkirakan umurnya sekitar lebih dari 500 tahun dan memiliki daya tarik tersendiri. Berada di tengah perkampungan rumah warga yang asri. Pohon yang tinggi dengan batang berwarna putih serta bentuk akar dan batang yang unik dan cocok dijadikan tempat untuk berfoto. 

Selain menawarkan keindahan, keunikan dan kecantikan, pohon raksasa desa Tua Tabanan berkaitan juga dengan cerita-cerita mistis yang tersebar, sehingga pohon ini terkesan cukup angker, warga sekitar terkadang mendengar alunan suara gamelan gender yang bersumber dari pohon raksasa tersebut, wargapun mengaitkannya dengan keberadaan perangkat musik dan juga alat-alat perang pada jaman kerajaan masa lampau yang ditimbun di bawah pohon tersebut. Sehingga menambah kesan mistis tempat tersebut, bahkan pohon raksasa tersebut menjadi tempat meditasi bagi mereka para penekun spiritual.

Kunjungi juga: Karang Boma Cliff, Objek Wisata Baru Di Uluwatu

Sejarah Singkat

Pohon Keramat di Banjar Bayan, Desa Tua, Marga, Tabanan, berusia 700an Tahun dan sering terdengar gamelan. Seperti kebanyakan banjar di Bali tampak sederhana dikelilingi persawahan, tapi ada yang berbeda di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan #Marga, #Tabanan. 

Terutama melewati jalan beton menuju ke timur dari jalan utama. Tampak dari kejauhan berada di sebelah selatan banjar, pohon besar berada di sebelah pura.

Pohon tersebut diberi nama sebagai pohon putih dan konon usianya telah mencapai 700an tahun. Pohon besar yang tingginya sekitar 50 meter terkadang juga dijadikan tempat meditasi oleh wisatawan asing yang berkunjung.

Pohon putih ini mulai dikembangkan sebagai obyek wisata sejak tahun 2013. Pada tahun 2014 mulai dilakukan pembersihan dan penataan.

Tidak hanya itu, kayu hijau muda itu sering mengeluarkan bunyi mirip gamelan saat rerainan (hari yang dianggap suci oleh umat Hindu). Di bawah pohon tersebut diyakini ditanam seperangkat gambelan Pura Babakan.

Menurut cerita tetua di desa tsb, di bawah pohon ini pernah ditanam seperangkat gamelan serta gada emas. Hal itu dilakukan menghindari penjarahan saat masa kerajaan

Kunjungi juga: Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak, Sambangan - Buleleng

Harga Tiket Masuk Bayan Ancient Tree

Untuk memasuki kawasan ini hanya dikenakan Dana Punia ( Donasi ) seiklasnya. Keberadaan pohon raksasa tua di desa Tua Tabanan ini, mulai dikenal oleh warga luar desa sejak tahun 2013, keberadaanya lebih dikenal lagi ketika mereka yang berkunjung mengunggah foto-foto mereka dengan latar belakang pohon raksasa tersebut di sosial media

Lokasi Objek Wisata Bayan Ancient Tree

Alamat dan lokasi pohon raksasa tersebut di Banjar Bayan, Desa Tua, kecamatan Marga, Kab. Tabanan Bali, berada di sebelah utara objek wisata Alas Kedaton. Untuk memudahkan perjalanan anda bisa menggunakan Google Maps berikut

Post a Comment for "Bayan Ancient Tree, Objek Wisata Marga, Tabanan - Bali"