Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak, Sambangan - Buleleng

Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak, Sambangan - Buleleng - Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengexsplore objek wisata air yang berlokasi di Bali Utara tepatnya di kabupaten Buleleng.

Objek wisata yang dimaksud adalah Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak. Objek wisata ini Berlokasi di Gang Cengkeh Desa Sambangan Buleleng.

Lokasi air terjun Tembok Barak ini posisinya Tidak jauh juga dari Air Terjun Aling-Aling jadi anda bisa sekali jalan ketika berkunjung ke air tejun ini sekaligus juga bisa mengunjungi air tejun Aling - Aling yang terletak di Desa Sambangan. 

Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak, Sambangan - Buleleng
Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak, Sambangan - Buleleng Source foto: @aryawiznu

Dinamakan Tembok Barak karena batu dan tebing disekitar air terjun ini berwarna kemerahan. yang mana nama air terjun ini diambil dari 2 kata yaitu kata ” tembok ” yang artinya ” dinding “, sementara kata ” barak ” diambil dari bahasa Bali yang artinya adalah merah.

Baca juga: Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Pupuan Bali

Jarak air Terjun Tembok Barak dari kota Singaraja Buleleng sekitar 5 km sedangkan jarak dari Denpasar sekitar 80 km lewat jalan raya Bedugul. Letak air terjun Tembok Barak tersembunyi, jarak perjalanan dari parkir kendaraan sekitar 700 meter melewati jalan setapak dengan pemandangan perkebunan penduduk, sawah dan hutan.

Dimana saat berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh sekitar 700 meter, kita akan disuguhi dengan view alam sekitar yang kita lewati begitu mendamaikan suasananya.

Kita akan menelusuri kawasan perkampungan di pedesaan ambangan dengan tegur sapa ramah warganya, dan masuk ke tengah areal perkebunan cengkeh.

Baca juga: Objek Wisata Gatep Lawas, Ambengan Buleleng

Belum surut menikmati ademnya suasana perkebunan cengkeh, selanjutnya kita akan disuguhi pemandangan areal pesawahan nan hijau asri dan pepohonan di hutan yang menyejukan mata.

Setibanya di lokasi, aura keindahan alam dan suasana yang tenang di areal air terjun tembok barak mulai kita rasakan, selanjutnya ketika tatapan kita arahkan ke air terjun, tepat di bawah guyuran Air Terjun Tembok Barak, terdapat kolam air almi yang cukup luas dan dalam.

Note : Jika berkunjung ke air terjun ini dan membawa mobil maka parkir nya di depan gang karena mobil tidak bisa masuk kedalam gang. Jika membawa motor bisa masuk kedalam gang dan parkir di pintu masuk air terjun.

Untuk Tiket sendiri khusus di Air terjun Tembok Barak ini saat ini masih tidak tikenakan biaya alias Gratis. Jadi sudah tentu disamping disuguhi pemandangan yang indah dan gratis tentu ini merupakan sebuah hal yang cukup langka saat ini.

Penutup: Itulah Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak, Sambangan - Buleleng yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini, semoga liburan anda menjadi menyenangkan. Langsung saja untuk mempermudah anda menemukan lokasinya berikut akan saya bagikan peta lokasinya.