Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal Menarik Objek Wisata Goa Gajah Gianyar

VANSURYA.my.id - 5 Hal Menarik Objek Wisata Goa Gajah - Goa Gajah ini adalah sebuah Pura Di Bali yang berlokasi di Desa Bedulu kecamatan Blahbatu Kabupaten Gianyar – Bali. Apa saja yang menarik di Goa Gajah? Berikut ulasan lengkap kami tentang bangunan yang terdapat di goa gajah, deskripsi tentang objek wisata goa gajah, sejarah goa gajah, tiket masuk goa gajah

Pura goa gajah yang terletak di kabupaten gianyar, bali merupakan salah satu contoh objek wisata relegi yang masih bisa anda kunjungi hingga saat ini

5 Hal Menarik Objek Wisata Goa Gajah Gianyar
Objek wisata Goa Gajah

Sejarah Singkat Objek Wisata Pura Goa Gajah 

Awal mula penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda, L.C. Heyting pada tahun 1923, yang melaporkan temuan area Ganesha, Trilingga serta area Hariti kepada pemerintah Hindia Belanda, kemudian Dr.W.F. Stuterhiem pada tahun 1925 memulai mengadakan penelitian lanjutan. Pada tahun 1950 Dinas Purbakala RI melalui seksi-seksi bangunan purbakala di Bali dipimpin oleh J.L. 

Krijgman melakukan penelitian dan penggalian pada tahun 1954 sampai tahun 1979 dan ditemukan tempat petirtaan kuno dengan enam buah patung wanita dengan pancoran didada. Dan sampai sekarang keberadaannya dipercaya bisa memberikan vibrassi penyucian aura bagi pengunjung.

Di depan goa terdapat sebuah bangunan  yang menyimpan patung Ratu Brayut atau Hariti. Menurut para arkeolog, Hariti adalah tokoh yang berkarakter jahat pada awalnya, namun setelah belajar agama Budha sifat jahat berubah menjadi seseorang penyayang anak, sebagaimana terlihat pada patung tersebut.

Pada dinding goa sebelah kanan  atas terdapat tulisan Kadiri Kwadrat yang berbunyi “Kumon” dan “Shy Wangsa” yang artinya belum dapat diketahui dengan pasti oleh para ahli sejarah. Menurut penelitian para ahli arkeologi dari bentuk seni area dan petirtaan yang ada di Goa Gajah diyakkini merupakan warisan pada abad-11. (Sumber BP3 Bali)

Baca juga: 5+ Tempat Ngopi Di Kintamani Cocok Bersama Pasangan

Apa Yang Menarik Di Goa Gajah?

1. Arca Ganesha

Peninggalan arca ini diperkirakan sudah sekitar akhir abad ke-12 sampai abad ke-13 dari masa Bali kuno. Salah satu keunikan dari arca ini adalah posisi arca Ganesha yang sedang menggendong Lingga yang sedang duduk di padma ganda dengan mahkola gelungan yang belum ada di tempat lain. 

2. Spot Foto

Ada banyak objek foto yang bisa anda manfaatkan untuk berfotoria disana sebagai kenang-kenangan wisata di Goa Gajah diantaranya, Pancuran Air Dada 6 Wanita, Kolam Pemandian Sakral, Komplek Tukat Pangkung, dan masih banyak lokasi sekitar yang bisa anda jadikan objek berfotoria.

3. Souvenir

Tentu jika anda para pengunjung yang ingin berbelanja oleh-oleh khas bali bisa memanfaatkan toko-toko yang menjual beraneka ragam jenis jajanan khas Bali dan beberapa diantaranya adalah di Jl. Goa Gajah, Banjar Teges, Peliatan, Ubud.

4. Tempat Parkir

Jika anda ingin berkunjung ke Goa Gajah kini sudah terdapat fasilitas eParkir yang difungsikan bagi wisatawan. Anda hanya perlu melakukan pembayaran non-tunai parkir hanya menggunakan handphone saja untuk menggunakan fasilitas ini.

5. Tempat Menginap

Ada banyak penginapan yang ditawarkan di sekitar Ubud bagi anda para pengunjung yang ingin lebih lama berwisata ke Goa Gajah. Salah satunya Homestay maupun Hotel di Jl. Sawah Indah, Gg Diuma, Tegas Peliatan, Ubud.

Baca juga:  TnG Camping Ground, Tempat Camping Di Pinggir Danau Batur

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Goa Gajah 

Untuk jam objek wisata Goa Gajah ini buka setiap hari Jam Buka Objek Wisata 08.00 Pagi  sampai 17.00 Sore

Untuk Tiket Masuk Goa Gajah   Rp 15.000 / orang, Parkir Mobil Rp 5000 / mobil dan Parkir Motor Rp 5000

Lokasi Objek Wisata Pura Goa Gajah

Kawasan Goa Gajah termasuk dalam kawasan Daerah Ubud, sekitar 27 Kilometer dari pusat kota denpasar. Objek wisata Goa Gajah sebuah Pura dilingkupi oleh persawahan dengan keindahan ngarai sungai Petanu. Goa Gajah lebih tepat disebut pura, namun karena berbentuk goa, maka dinamai Goa Gajah.

Goa Gajah tepatnya berada di desa Bedulu kabupaten Gianyar. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dengan tempat-tempat wisata lainnya sehingga cukup menguntungkan bagi anda yang ingin melihat berbagai macam objek wisata dalam sekali jalan.