Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Objek Wisata Air Terjun Tirtha Buana Sukasada - Buleleng

Pesona Objek Wisata Air Terjun Tirtha Buana Sukasada - Buleleng - Satu lagi objek wisata air terjun yang bisa anda kunjungi di daerah Sukasada tepatnya di Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Buleleng - Bali.

Air terjun Tirta Buana atau disebut dengan nama Air Terjun Tibuan berlokasi di tempekan Panti Banjar Dinas Batudingding Desa Pegadungan, Sukasada, dengan menempuh tracking sejauh 300 meter dari lokasi parkir. Air Terjun Tibuan menawarkan pemandangan yang indah dengan air yang jernih.

Tepat di KM 18 Jalan Raya Singaraja-Bedugul terdapat persimpangan. Ikuti jalan menuju ke arah Desa Lemukih.

Pesona Objek Wisata Air Terjun Tirtha Buana Sukasada - Buleleng
Pesona Objek Wisata Air Terjun Tirtha Buana Sukasada - Buleleng (Source foto: Fb Singaraja Now)


Terus saja ikuti jalan hingga memasuki wilayah Desa Pegadungan. Nantinya akan terlihat sebuah baliho berukuran jumbo yang terpasang di tepi jalan.

Petunjuknya pun jelas, Air Terjun Tirtha Buana Desa Pegadungan. Cukup ikuti petunjuk jalan tersebut. Jika Anda berangkat dari Singaraja, hanya butuh waktu 30 menit perjalanan.

Baca juga: Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Pupuan Bali

Dulunya air terjun justru digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), guna memenuhi kebutuhan listrik puluhan keluarga setempat.

Setelah listrik masuk ke wilayah tersebut, akhirnya dilakukan pembersihan dari sisa-sisa kincir PLTA. Sejumlah gulma yang tumbuh juga dibersihkan.

Saat proses pembersihan itu akhirnya muncul ide memanfaatkan air terjun itu sebagai daya tarik wisata

Salah satu yang membuat air terjun ini sangat digemari wisatawan, adalah keberadaan kolam di kaki air terjun. Kedalaman kolam itu tak seberapa.

Baca juga: Objek Wisata Gatep Lawas, Ambengan Buleleng

Hanya sebatas leher orang dewasa. Selain itu sudah ada tembok pembatas, sehingga pengunjung tak akan terseret arus sungai.

Untuk sementara objek wisata ini hanya menerima donasi seikhlasnya dari pengunjung. Pastinya, air terjun ini wajib dikunjungi.

Apabila anda berminat mengunjungi Objek Wisata air terjun Tirtha Buana ini anda bisa langsung mengikuti tautan google map dibawah ini.

  TAGS 

air terjun buleleng
air terjun di singaraja
air terjun di bali
air terjun di bali yang mudah dijangkau
objek wisata di buleleng