Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali

Objek Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali - Merupakan salah satu tempat wisata relegi yang patut anda kunjungi yaitu Objek Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali.

Wisata Pura Mangening di Tampaksiring Gianyar Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. 

Objek Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali
Objek Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali

Disamping memiliki panorama alam yang indah, disini anda bisa melakukan wisata relegi seperti melukat (membersihkan diri salam kajian hindu) dan merasakan sensai segarnya air yang masih asri. 

Alasan mengapa tempat ini dinamakan pura mengening adalah karena lingkungan yang ada di sini teramat sejuk dan hening. Jadi secara langsung masyarakat menyetujui pura ini dinamakan mengening.

Baca juga: Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Pupuan Bali

Daya Tarik Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali

Wisata Pura Mangening di Tampaksiring Gianyar Bali ditemukan pada abad ke 11, bahkan keberadannya sudah ada saat raja Masula-Masuli memerintah dan pusat pemerintahan kala itu berada di Pejeng, jadi terbilang bangunan yang sudah sangat kuno, memang waktu jelas kapan dibangunnya belum ditemukan secara pasti, pantas saja pemerintah daerah provinsi Bali meresmikannya sebagai warisan cagar budaya yang harus dijaga kelestariannya.

Sejuknya udara, pemandangan alam indah dan penuh pesona, memberikan kesan dan nuansa berbeda saat liburan di Bali. 

Untuk mencapai pelataran utama Pura Mengening, pengunjung harus menaiki beberapa puluh tangga lagi, karena letaknya di bagian sebelah atas. Seperti pura di Bali pada umumnya, palemahan Pura Mangening terbagi menjadi 3 bagian (Tri Mandala). 

Pada bagian Nista Mandala terdapat taman-taman indah tertata rapi, terdapat sumber mata air dan lima pancoran yang dimanfaatkan untuk air suci dan juga tempat penyucian Ida Batara. 

Pada bagian Madya Mandala terdapat beberapa buah bangunan seperti Bale Kulkul, Bale Gong, Bale Pegat dan Bale Pegambahan. 

Dan pada bagian paling utama atau disebut Utama Mandala terdapat beberapa buah Gedong yang menjadi pelinggih Ida Batara.

Baca juga: Air Panas Belulang, Objek Wisata Tabanan

Fasilitas Yang Ada

Wisata Pura Mangening di Tampaksiring Gianyar Bali bisa dibilang sebuah wisata religi yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut : – Area Parkir kendaraan – Tempat Ibadah Umat Hindu – Kamar mandi / MCK – Tempat Istirahat – Warung Makan – dan masih banyak lainya.

Peta Lokasi

Wisata Pura Mangening di Tampaksiring Gianyar Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jalan Tirta No.25M, Desa Sareseda, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. 

Penutup: Itulah ulasan kali ini mengenai Objek Wisata Pura Mengening Di Gianyar - Bali yang wajib anda kunjungi khususnya bagi pencinta wisata relegi. 

#TAGS
sejarah pura mengening
pura mengening tampak siring
pantai mengening
pura mengening temple
tempat melukat di gianyar
mengening beach bali