Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Panas Belulang, Objek Wisata Tabanan

Air Panas Belulang, Objek Wisata Tabanan - Objek wisata air panas Belulang menjadi salah satu tempat pemandian, menyediakan kolam tempat berendam, objek wisata alam ini terletak di desa Mangesta, Kec. Penebel, Kab. Tabanan – Bali. Terletak sekitar 15 km dari kota Tabanan, kalau perjalanan anda dari arah Denpasar, maka air panas Belulang ini berada dalam satu jalur perjalanan ke arah air panas Penatahan dan Angseri.

gambar air panas belulang
Gambar air panas Belulang

Jarak ketiga tempat pemandian air panas tersebut tidak begitu jauh antara satu dengan lainnya, termasuk sejumlah tempat wisata lainnya di kabupaten Tabanan, seperti taman kupu-kupu (Bali Butterfly Park), pura Batukaru, sawah berundak Jatiluwuh dan air terjun Jatiluwih, sehingga anda yang mengagendakan tour di Bali ke jalur ini bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata dengan lebih mudah.

Akses Menuju Pemandian Air Panas Belulang di Tabanan

Jika perjalanan dari arah Denpasar menuju air panas Belulang Tabanan, butuh sekitar 60 menit berkendara, sesampai tempat parkir kendaraan, maka anda melanjutkan perjalanan mengikuti jalanan setapak sekitar 200 meter, menyusuri pematang sawah yang sudah tertata dengan baik, sambil menikmati alam sekitarnya yang masih asri dan alami.

Hamparan sawah berundak tersaji indah dan menyejukkan mata, sehingga objek wisata di Tabanan ini cukup direkomendasikan untuk wisata keluarga terutama juga anak-anak. Pada hari-hari biasa tidak begitu ramai, tetapi pada saat akhir pekan akan lebih banyak pengunjung, apalagi saat liburan hari raya dan tahun baru. Objek wisata ini memang menyediakan tempat rekreasi yang patut anda kunjungi.

Tempat pemandian ini sendiri berada di tengah hamparan sawah, sehingga selain menyehatkan tubuh, mata juga terhibur dengan pemandangan indah di sekitar tempat ini.

Berbagai hal yang anda nikmati di sini bisa membuat anda betah berlama-lama, bahkan sejumlah wisatawan asing terlihat berkunjung, menikmati pemandangan serta merasakan segarnya dan hangatnya air panas alam Belulang. Kalau dibandingkan dengan objek wisata lainnya di Tabanan seperti Tanah Lot dan Bedugul, maka tempat ini tergolong masih sepi pengunjung, perlu promosi agar tempat ini lebih dikenal lagi, karena sementara, pengunjung lebih didominasi oleh warga lokal.

Baca juga: Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Pupuan Bali

Harga Tiket Masuk Air Panas Belulang

Untuk kisaran harga tiket masuk di air panas Belulang disini Ada sejumlah warung makan dan penganan sebelum mendapati loket karcis yang dijaga seorang ibu yang berjualan buah dan sayuran. Papan karcis menyebutkan tiket untuk WNA Rp 10 ribu dan WNI Rp 5.000 per orang untuk masuk ke pemandian air panasnya.

Area parkir kendaraan lumanyan luas dan sangat mudah untuk mendapatkan tempat parkir mobil. Mohon ingat membawa handuk dan menggunakan baju renang. Selain itu, jangan menggunakan sabun atau shampo pada area kolam renang. 

Jejak air dengan kandungan belerang terlihat di bebatuan. Warnanya memerah. Air panas ini awalnya diyakini muncul dari pura Beji sebelahnya, lokasi menyucikan diri sebelum sembahyang. Kemudian dialirkan melalui pipa-pipa ke pemandian ini.

Panasnya sekitar 40 derajat, cukup menghentak terutama saat merasakannya langsung di pancuran. Sementara air terasa berkurang panasnya di kolam.

Post a Comment for "Air Panas Belulang, Objek Wisata Tabanan"