Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Berlibur di Masa Pandemi

5 Tips Berlibur di Masa Pandemi - Dalam rangka berakhirnya bulan Oktober di tahun 2020 ini, masyarakat akan disambut dengan liburan panjang yang menyenangkan.

Walaupun di liburan kali ini kamu belum bisa bebas bepergian karena pandemi Corona Covid-19 yang belum menuju titik terang, kamu tetap bisa menikmati liburan bersama orang tercinta kok, asalkan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

5 Tips Berlibur di Masa Pandemi
5 Tips Berlibur di Masa Pandemi


Saat ini, rasa suntuk akan rutinitas mungkin telah dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat, melihat bahwa keterbatasan aktivitas dan mobilitas sudah kita hadapi sejak awal tahun 2020

Meski begitu, kamu tetap bisa berlibur dan refreshing kok, sekaligus mendatangkan kembali energi positif dalam diri, yaitu adalah dengan mengikuti tips liburan di masa pandemi yang akan kita bahas ini.

Mungkin gak sih kita tetap bisa menikmati liburan di tengah pandemi seperti saat ini? Biar gak penasaran, ikuti saja pembahasan kita kali ini!

5 Tips Berlibur di Masa Pandemi

1.Selalu Patuhi Protokol 3M

Tips berlibur di tengah pandemi yang wajib dipatuhi adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menurut Satgas Penanganan COVID-19, salah satu cara melindungi diri dari serangan SARS-CoV-2 dengan menerapkan protokol 3M. Pertama, selalu kenakan masker bila beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, terakhir mencuci tangan dengan teratur.

Jangan abaikan kebersihan tangan di tengah pandemi. Cucilah tangan setidaknya selama 20-30 detik. Gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60 persen.

Nah, waktu yang tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

  • Sebelum memasak atau makan.
  • Setelah menggunakan kamar mandi.
  • Setelah menutup hidung saat batuk, atau bersin.
  • Setelah menyentuh barang-barang yang rentan dihinggapi virus (gagang pintu, handphone, meja, dll.)

2. Jauhi Kerumunan

Tips berlibur di tengah pandemi selanjutnya menyoal keramaian di tempat umum. Kalau dipikir-pikir, memang sulit untuk menghindari keramaian. Alasannya, destinasi wisata saat long weekend biasanya dipenuhi oleh para wisatawan.

Namun, sebisa mungkin hindari kerumunan. Perhatikan juga protokol kesehatan dan kesiapsiagaan pengelola destinasi wisata. Andaikan protokol kesehatannya ‘longgar’, pertimbangkan untuk memilih opsi destinasi wisata lain yang lebih aman. 

Baca juga: Bagi Yang Sedang Program Hamil, Wajib Makan Buah Untuk Kesuburan Ini


3.Pastikan Bukan Zona Merah

Bagi kamu yang ingin berlibur di tengah pandemi, pastikan tempat tujuan atau destinasi wisata tidak masuk ke dalam zona merah. Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai zona-zona mana saja yang aman, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak terkait. Misalnya, hotline COVID-19 di nomor 119. 

4.Persiapan Obat, Disinfektan, dan Makanan

Jangan lupa untuk membawa persediaan obat-obatan dan disinfektan, apalagi bila ibu dan anggota keluarga memutuskan untuk menginap. Andaikan ada anggota keluarga yang jatuh sakit di tengah liburan, berilah obat pereda gejala yang dijual bebas, kemudian segera temui dokter di rumah sakit terdekat.

Menyoal makanan, pilihan teraman adalah membawa makanan sendiri. Kebersihannya tentu lebih terjamin dan meminimalkan berada di restoran atau tempat makan yang dipenuhi pengunjung. Jika tidak membawa makanan sendiri, gunakan opsi drive-through, pengiriman, atau take-away.

5.Perhatikan Benda yang Mungkin Terkontaminasi


Tips berlibur di tengah pandemi terakhir berkaitan dengan benda-benda yang rentan dihinggapi virus. Bila kamu menggunakan transportasi umum untuk bepergian, contohnya pesawat, bersihkan sandaran tangan, baki (tempat menyajikan makanan), ventilasi di atas kepala, media screen, dan hal lainnya yang mungkin tanganmu sentuh.

Sumber: www.halodoc.com

Penutup: Itulah 5 Tips Berlibur di Masa Pandemi yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan!

Post a Comment for "5 Tips Berlibur di Masa Pandemi"