Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Manfaat Tanaman Porang Dan Harganya Yang Kian Melambung

Tanaman porang dan manfaatnya - Tanaman Porang belakangan ini tengah viral di media sosial. Bahkan, seorang petani porang di Desa Kepel, Jawa Timur berhasil menjadi milarder berkat bisnis ekspor porang yang telah digelutinya.

Tanaman porang adalah tumbuhan herba dan ‘menahun’. Tanaman ini memiliki batang semu (sebenarnya tangkai daun) yang tegak, berkulit halus, serta berwarna hijau pucat dan putih yang belang-belang dan berkelok-kelok. Di ujung batang, memecah menjadi tiga batang sekunder yang akan memecah lagi menjadi beberapa batang, dengan helaian daun berjajar beriringan. 

gambar pohon umbi porang
Gambar pohon umbi porang

tanaman porang ini juga termasuk umbi-umbian yang bisa tumbuh subur di Indonesia. Hal ini pun membuka peluang kamu untuk membudidayakannya juga sekarang. 

Tumbuhan porang bisa tumbuh di berbagai jenis tanah dengan ketinggian yang beragam. Akarnya bisa beradaptasi dengan baik di tanah dengan ketinggian mulai dari 0 sampai dengan 700 mdpl. Pembudidayaan porang juga bisa dilakukan di lahan hutan dekat dengan tanaman lainnya.

18 Manfaat Tanaman Porang

Lalu apa manfaat tanaman porang? Manfaat dan kegunaan tanaman porang secara umum sangatlah banyak dan bervariasi.  Berikut ini ada sekitar 18 manfaat tanaman porang adalah sebagai berikut:

1. Manfaat dari tanaman porang yang pertama yaitu Sebagai bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan.

2. Campuran pada pembuatan kertas agar kuat dan lemas.

3. Pengganti media tumbuh mikroba.

4. Glucomannan pada tanaman porang yang berbentuk gel dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel silikon yang sangat baik sebagai isolator listrik.

5. Bahan campuran pembuatan komponen pesawat terbang dan parasut.

6. Di Jepang, bahan makanan ini banyak disukai untuk mie shirataki atau konyaku.

7. Sebagai penjernih air.

8. Pengikat formulasi tablet.

9. Sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah/tidak cepat meleleh.

10. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes.

11. Porang merupakan serat yang secara alami dapat larut dalam air dan tembus cahaya serta bersifat seperti agar-agar dan tidak berbau sehingga dapat digunakan sebagai pengganti agar-agar.

12. Mengandung vitamin A dan B lebih tinggi dari kentang.

13. Manfaat tanaman umbi porang selanjutnya adalah kaya akan Kandungan karbohidratnya lebih dari 80 persen.

14. Bahan campuran pembuatan pengilap kain, perekat kertas, cat, kain katun dan wol, dan bahan imitasi yang memiliki sifat lebih baik dari amilum serta harganya lebih murah.

15. Pengganti gelatin sebagai bahan pembuat negatif film, isolator, dan seluloid karena sifatnya yang mirip selulosa. Sehingga dapat sebagai pengganti selulosa dalam film.

16. Larutan mannan jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida bisa dibuat bahan kedap air.

17. Mannan juga dipergunakan untuk menjernihkan air dan memurnikan bagian-bagian keloid yang terapung dalam industri bir, gula, minyak dan serat.

18. Porang dipakai industri tekstil dipakai sebagai pengganti kanji sehingga kain katun, linen, wol dan kain-kain dari bahan imitasi lebih mengkilap.

Jadi tentu mungkin masih banyak lagi khasiat tanaman porang yang belum bisa saya sebutkan disini. Manfaat pohon porang dan buahnya diatas dikutip dari https://harga.web.id/, Lebih lanjut disana dijelaskan terkait dengan berapa harga Porang yang dikabarkan menjadi komuditi eksport yang memiliki harga melambung saat ini?

Daftar Harga Porang

Setelah mengetahui manfaat tanaman porang untuk kesehatan, Berikut ini saya akan informasikan mengenai tanaman porang dan harganya: 
Varian PorangKisaran Harga (Rp)
Porang basah 1 kilogram10.000 – 13.000
Porang iris kering kering per kilo55.000 – 65.000
Bibit tanaman porang 1 kg isi 50 bibit45.000
Tepung Porang per kg300.000
Bibit tanaman porang katak super per kg isi 150 bibit305.000
Bibit porang siap tanam isi 500 biji umbi600.000

Harga porang di pasaran terpantau mengalami perubahan hampir setiap tahun. Pada 2019, tercatat harga porang basah sekitar Rp4.000 per kilogram. Sedangkan untuk porang iris kering sekitar Rp35 ribuan per kg. Harga tersebut kemudian naik pada 2020, untuk porang basah dijual seharga Rp10 ribu hingga Rp13 ribuan per kg dan untuk porang kering naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2019 lalu yang sekitar Rp35 ribuan per kg.

Penutup: Itulah penjelasan saya mengenai 18 Manfaat Tanaman Porang Dan Harganya Yang Semakin Tinggi karena masuk ke dalam salah satu komuditi eksport saat ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "18 Manfaat Tanaman Porang Dan Harganya Yang Kian Melambung"