Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 + Tips Selamat Saat Mendaki Gunung Bagi Pemula

10 + Tips Selamat Saat Mendaki Gunung Bagi Pemula- Mendaki gunung merupakan salah satu hoby sekaligus berwisata yang memberikan banyak manfaat bagi kita.

10 + Tips Selamat Saat Mendaki Gunung Bagi Pemula
10 + Tips Selamat Saat Mendaki Gunung Bagi Pemula

Selain bisa merefresh otak, ternyata dengan mendaki bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita, terutama meningkatkan daya tahan tubuh dengan kinerja otot yang lebih maksimal.

Namun demikian, khusus bagi pemula apalagi ketika pertama kali mendaki tentu harus dilengkapi dengan persiapan yang matang untuk menghindari segala resiko buruk yang bisa saja terjadi ditengah pendakian.

Cara Aman Mendaki Gunung Bagi Pemula

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan sebelum melakukan pendakian sehingga aman dan berjalan sesuai dengan rencana.

1. Jaga Kesehatan

Sebelum memulai pendakian ada bagiknya anda harus selalu jaga kesehatan agar selalu fit ketika melakukan perjalanan menuju puncak.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan emngkonsumsi buah - buahan dan juga makanan sehat serta Vitamin yang cukup.

2. Lakukan Pemanasan Yang Cukup

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya anda melakukan pemanasan ringan seperti peregangan otot dan sejenisnya.

Tujuannya adalah supaya nantinya anda tidak mengalami cidera atau keram otot di tengah perjalanan. Belum lagi, jalanan yang terjal kerap membuat pendaki cepat kelelahan  dan semua itu bisa diantisipasi dengan mempersiapkan diri dengan berolahraga minimal 2 minggu sebelum pendakian.

3. Siapkan Mental

Ini juga penting, Bagaimanapun, mental akan diuji saat kamu akan mendaki. Untuk mempersiapkan mental tersebut, anda harus terus berpikiran positif.

Berdasarkan pengalaman, emosi yang tidak stabil kerap menghambat perjalanan saat mendaki. Dan hal ini juga bisa menggagalkan perjalanan anda

4. Siapkan Perlengkapan

Berbagai perlengkapan mesti anda siapkan saat mendaki. berikut peralatan yang wajib di bawa ketika mendaki gunung. 

Yang pertama yaitu jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat untuk meringankan beban tubuh, mantol,  peralatan memasak gunung jika diperlukan dan tidak lupa yaitu kamera buat selfie di puncak gunung 

Jangan lupa sebelum berangkat pastikan anda cek dan memastikan semua perlengkapan tersebut sudah anda bawa.

4. Siapkan Konsumsi dan P3K

Konsumsi sangat penting, karena dalam perjalanan untuk menambah tenaga anda satu - satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan juga minuman

Nah berikut konsumsi yang harus kamu bawa yaitu air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti, Nasi + lauk kalo perlu, Mie instant, coklat untuk menambah tenaga kamu saat mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan.

Selain itu anda wajib bawa P3K untuk jaga - jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pastikan juga anda membawa minyak anget seperti minyak kayu putih atau sejenisnya.

5. Gunakan Pakaian Nyaman

Hal yang satu ini sering diabaikan oleh seorang pendaki.  Menggunakan pakaian aman yang sesuai setidaknya membuat nyaman saat mendaki. Pakaian yang tebal sangat tidak dianjurkan.

Gunakan pakaian yang cepat menyerap keringat. Namun, jangan lupa juga untuk membawa jaket. Ini supaya anda terhindar dari hipotermia

6. Kenali Karakteristik Gunung

Sebelum mendaki hal yang paling penting anda pahami adalah berkaitan dengan karakteristik gunung yang akan anda daki.

Apakah gunung tersebut bersifat aktif atau tidak. Jauh lebih aman jika anda mendaki gunung yang sudah tidak aktif.

7. Kuasai Medan

Selain mengenal karakteristik gunung, anda juga harus menguasai medan saat mendaki. Hal ini penting dilakukan agar nantinya perjalanan anda lancar dan tidak tersesat.

8. Lebih Baik Ber-Team

Mendaki gunung memang tidak harus ber tim, namun alangkah baiknya apabila anda masih pemula melakukan pendakian ber team. 

Selain perjalanan anda akan terasa lebih ringan karena santay juga bisa menambah semangat anda dengan dukungan teman - teman anda.

9. Tidak Memaksakan Diri

Dalam melakukan pendakian, jangan sekali - kali anda memaksakan diri jika diri anda sudah dirasa tidak mampu maka anda jangan memaksakan untuk melanjutkan.

Hal ini akan berakibat fatal bagi anda apabila memaksakan diri jika sudah tidak mampu melanjutkan perjalanan.

Lakukan rilek atau istirahat yang cukup apabila tenaga anda kurang fit di tengah perjalanan.

10. Jangan Lupa Berdoa

Sebagai mahkluk ciptaan Tuhan, maka sudah sepantasnya sebelum kita melakukan sesuatu harus berdoa terlebih dahulu termasuk mendaki sehingga diberikan keselamatan di perjalanan sesuai dengan tujuan anda.

11. Abadikan Momen Terbaik Anda

Nah apabila anda sudah mulai mendaki, jangan lupa anda abadikan momen - momen terbaik anda, karena ketika sudah kembali kerumah anda akan kangen dengan suasana selama pendakian anda.

Penutup: Nah sahabat Vansurya, itu kiranya beberapa tips yang bisa anda gunakan sebelum memulai pendakian khususnya bagi pemula supaya bisa selamat dan berjalan sesuai rencana.