Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Tukad Yeh Unda Klungkung

Objek Wisata Tukad Yeh Unda Klungkung - Ada saja objek wisata menarik di Bali yang bisa membuat wisatawan terpikat. Tak hanya memiliki pantai dan pegunungan. Bali juga memiliki objek wisata sungai yang memiliki air berlapis-lapis. 

Proyek tukad unda ini sudah dilakukan sejak lama sehingga akhirnya menghasilkan destinasi wisata air yang sangat memukau dan hingga kini banyak didatangi wisatawan lokal bahkan manca negara.

Destinasi yang wajib kalain kunjungi di Kabupaten Klungkung, Tukad Yeh Unda nama-nya, dikenal dengan keindahan aliran air-nya nampak seperti air terjun bertumpuk. Keuningan ini lah yang membuat pesona terserdiri dari Tukad Yeh Unda.

.
Tepat di sebelah selatan tukad ini terdapat sebuah jembatan panjang dibangun di atas sungai yang menjadi jalur atau jalan penghubung antara Kabupaten Klungkung dan Karangasem, dari jembatan itu pula keindahan Tukad Yeh Unda ini bisa kalain lihat dari kejauhan.

Objek Wisata Tukad Yeh Unda Klungkung
Objek Wisata Tukad Yeh Unda Klungkung, Source img: @ayee__a

Dari atas jembatan tersebut anda bisa menyaksikan keindahan Dam Tukad Unda dengan jelas. Lalu lintas di atas jembatan ini sekarang lebih sepi karena sudah ada by pas Ida Bagus Mantra yang menghubungkan ke kedua Kabupaten tersebut.

NOTE: Bagi anda yang berencana mengunjungi objek wisata Tukad Unda Bali untuk melakukan sesi foto prewedding,

maka pastikan anda datang ke sana bukan pada saat musim penghujan !! karena tempat ini bisa menjadi sangat berbahaya, dimana debit airnya besar sekali.

tidak hanya itu saja, warna air sungai tukad unda bali ini akan berubah menjadi tampak kotor dan berwarna kecoklatan.

Sejarah Tukad Unda

Dalam bahasa warga lokal sekitar, Tukad sendiri bisa diartikan sungai, dan unda lapisan, sehingga Tukad Unda adalah aliran sungai yang airnya berlapis – lapis.

air dari aliran sungai ini sudah dari zaman dulu sudah dijadikan sebagai sumber air irigasi bagi warga sekitar yang mayoritas petani untuk mengairi areal sawahnya,

tidak hanya itu saja, airnya yang tidak pernah kering sepanjang tahun juga sudah lama dijadikan sebagai tempat mulai untuk mandi, mencuci hingga tempat memancing,

bahkan sama dengan aliran sungai di daerah lainnya di bali, pasir di sepanjang aliran sungai ini pun sering ditambang warga untuk sumber mata pencaharian juga.

Yang menjadikan menarik bendungan air ini adalah aliran air derasnya yang melewati bendungan menciptakan pemandangan indah berupa air terjun,

dan yang unik adalah bentuk air terjun tersebut tampak rata serta datar menyesuaikan dengan panjang bendungan sehingga nampak seperti tirai air berlapis.

Harga Tiket Masuk Tukad Unda

Bagi anda yang hanya ingin berfoto-foto untuk mengambil pemandangan alam yang disuguhkan atau bersantai di sini cukup membayar Rp.10.000/orang saja.

Sementara khusus untuk Biaya Prewedding di Tukad Unda Bali harga foto prewedding di tukad unda sendiri gratis, anda hanya cukup membayar jasa model dari anak – anak warga sekitar mulai Rp.30.000 – Rp.50.000/orang.

Lokasi Tukad Unda

Objek wisata Tukad Yeh Unda yaitu berlokasi di Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Lokasinya hanya sekitar 200 meter sebelah Timur objek wisata Kerta Gosa Klungkung.

 Jarak objek wisata Dam Tukad Unda dari bandara Ngurah Rai berselang 1,5 jam berkendara. Jika anda berencana berkunjung ke Dam Tukad Unda bisa melalui jalur by pas Ida Bagus Mantra, pada jalur ini anda bertemu kebun binatang Taman Bali Safari and Marine Park, kemudian ambil jalur menuju pusat kota Klungkung. 

Agar lebih memudahkan perjalanan anda bisa menggunakan Google Map berikut ini, dan semoga liburan anda berwisata di bali menyenangkan.