Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Membuat Lem Lalat Sendiri, Ampuh Lalat Pasti Nempel

2 Cara Membuat Lem Lalat Sendiri - Lalat merupakan salah satu binatang yang cukup mengganggu. Bagaimana tidak, ketika anda naruh makanan setiap saat bisa dihinggapi lalat yang tentu bisa membawa penyakit yang menggangu kesehatan.

Selain itu apabila kita mau tidur tiba - tiba ada lalat yang datang, tentu ini akan sangat menggangu, dimana apabila kita dihinggapi bisa menyebabkan kita terbangun dan sulit untuk tidur lagi karena ada gangguan lalat tersebut.

2 Cara Membuat Lem Lalat Sendiri, Ampuh Lalat Pasti Nempel
2 Cara Membuat Lem Lalat Sendiri

Salah satu cara simpel mengatasi gangguan lalat terebut adalah dengan memasang lem lalat. Dengan perangkap ini maka dipastikan lalat akan nempel pada lem tersebut dan tidak bisa terbang lagi.

Secara gampangnya anda bisa membeli lem lalat di alfamart atau toko terkait. Untuk harga lem lalat sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal yaitu kisaran Rp 5 rb an saja anda sudah bisa mendapatkan lem lalat kertas tersebut.

Perangkap lalat kertas yang berisi lem ini terbukti ampuh membuat lalat menjadi tak berdaya dan tidak bisa terbang lagi. Pada umumnya orang menangkap lalat dengan lem cap gajah.

Sebenarnya ada cara yang lebih murah anda lakukan untuk membuat lem lalat sendiri. 

Cara Membuat Lem Lalat Pada Buah Cabe

Hal ini biasanya banyak digunakan untuk menangkal lalat pada tanaman cabe yang bisa menjadi hama.

Alat dan Bahan

Beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu adalah sebagai berikut :

  • Botol bekas air mineral (sebaiknya dipilih ukuran 600 ml atau lebih)
  • Cutter / gunting
  • Spet / suntikan
  • Benang Kasur / kawat
  • Kapas
  • Metil eugenol (merk petrogenol)

Beberapa alat dan bahan diatas bisa didapat dengan mudah dan terhitung sangat murah. Harga metil eugenol sendiri rata-rata dijual dengan harga 7.000-9.000 rupiah saja.

Langkah kerja pembuatan Perangkap Lalat Buah Sebagai berikut : 

1. Botol air mineral yang sudah di persiapkan di lubangi sebanyak 4 lubang dengan menggunakan cutter sehingga terbentuk siletan X atau + ukuran kurang lebih 1 cm, diharapkan lubang ini tempat masuknya lalat buah. Lubang tadi persis dibuat di tengah tengah botol.

2. Selanjutnya ambil kapas  di ikat dengan benang kemudian dibasahi dengan metil eugenol. Basahi kapas dengan metil eugenol kira kira 1-2 cc dengan spet / suntikan  dan jangan sampai menetes netes. Cairan metil eugenol ini beraroma kuat jadi disarankan anda menggunakan masker saat membasahi kapas.

3. Kemudian buat satu lubang kecil pada tutup botol untuk jalan keluar benang. Setelah benang dilewatkan dari lubang pada tutup botol lalu tarik hingga kapas menggantung pada tengah botol hampir sejajar dengan empat lubang kecil yang dibuat tadi.

4. kemudian tutup botol air mineral dan perangkap siap di pasang.

Pemasangan perangkap buah paling tepat adalah pada masa tanaman masih berbunga dan belum berbuah. Tujuannya untuk menekan populasi lalat jantan sehingga nanti pada masa berbuah hanya sedikit terjadi serangan lalat buah betina karena tidak dikawini pejantan.

Perangkap lalat buah dipasang dengan posisi menggantung kuang lebih tinggi gantungan 2 – 3 meter dari permukaan tanah . Satu perangkap memiliki radius hingga 20 meter. Jadi anda bisa mengira-ngira sendiri berapa perangkap yang dibutuhkan oleh perkebunan anda. Lalat buah mulai aktif dipagi hari saat embun sudah mengering. Anda bisa melihat lalat buah jantan akan mulai terperangkap dan jatuh dalam air sabun.

Cara Membuat Lem Lalat Kertas

Nah bagi yang biasanya banyak lalat dirumah anda bisa menggunakan metode lem lalat kedua ini.

Alat dan bahan:

  • Kerta minya
  • Lem alteco/ Lem kanji atau lem terkait lainnya
  • Terasi

Langkah - langkah:

1. Buka lembaran kertas

2. Campurkan lem dengan sedikit terasi

3. Oleskan lem pada bagian atas kertas secara tipis

Tujuan menggunakan terasi adalah agar lalat mau hinggap pada jebakan lem tersebut.

Penutup: Itulah Cara Membuat Lem Lalat Sendiri, Ampuh Lalat Pasti Nempel yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, selamat mencoba