Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Pupuan Bali

Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Pupuan Bali - Meluangkan waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata merupakan sebuah hal yang paling bagus dilakukan untuk melepas penat disela - sela kesibukan keseharian.

Salah satu objek wisata yang tidak terlalu ramai pengunjung yaitu Air Terjun Blemantung yang terletak di Desa Pujungan, kecamatan Pupuan, kabupaten Tabanan - Bali.

Lokasinya memang cukup jauh dari kota Denpasar yaitu sekitar 68 km, dari ibu Kota Tabanan 48 km, ke arah Barat menuju jurusan Jembrana kemudian belok kanan menuju ke arah Pupuan atau Seririt Singaraja.

Objek wisata di Bali ini memang masih jarang dikunjungi wisatawan, letaknya di luar jalur kunjungan wisata membuatnya jarang direkomendasikan oleh para pemandu wisata ataupun agen perjalanan, padahal Air Terjun Blemantung ini cukup istimewa dan tidak akan mengecewakan para penikmatnya.
Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Puapuan Bali
Objek Wisata Air Terjun Blemantung Pujungan - Puapuan Bali

Sepanjang perjalanan ke arah desa Pujungan anda akan dihibur oleh pemandangan sawah terasering dan memasuki ke tujuan utama air terjun Blemantung, anda memasuki wilayah pedesaan dengan kebun-kebun kopi, cengkeh, kakao dan jeruk sepanjang kiri dan kanan jalan.

Begitu juga aktifitas petani, budaya masyarakat setempat mendekatkan anda pada suasana alam pedesaan di Bali yang sesungguhnya dimana budayanya masih kental dengan budaya tradisional. Kawasan ini juga merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Bali, sehingga anda sejenak bisa mencoba mencicipi nikmatnya kopi lokal.

Akses untuk menuju air terjun Blemantung, dari jalan raya desa Pujungan sekitar 1.5 km. Dan sekitar 1 km dari jalan tersebut berupa jalan tanah, tetapi sudah dibeton seukuran roda mobil. Kemudian anda harus menapaki jalan setapak yang sudah dibeton dan berundak disertai juga pegangan di pinggiran jalan yang menanjak, perjalanan cukup menanjak melewati perkebunan penduduk.
akses jalan menuju air terjun blemantung
Lokasi jalan sebelum menuju air terjun Blemantung - Pujungan

Bagi pecinta wisata alam petualangan, jalan-jalan seperti ini tentu akan sangat menarik, sebuah perjalanan treking ringan di alam pedesaan yang sejuk, asri dan jauh dari polusi, dan akhirnya semua akan terbayar lunas setelah anda tiba di lokasi.

Air terjun Blemantung ini tersembunyi di balik tebing, alamnya benar-benar masih alami, tidak terlihat ada bangunan apalagi rumah penduduk, hanya sebuah gazebo tempat beristirahat yang kondisinya yang cukup usang, menandakan objek wisata di Bali ini masih jarang dikunjungi.

Disini juga keistimewaanya, alamnya yang sepi, tenang dan damai, bisa menenggelamkan segala kejenuhan hati dan sumpeknya pikiran anda. Kalau anda mau, ingin merasakan segarnya mata air pegunungan, maka anda bisa dengan leluasa berendam dan menikmati guyuran jernihnya air terjun tersebut.

Di kawasan ini sebenarnya terdapat 3 buah air terjun, air terjun pertama yaitu Blemantung adalah yang tertinggi terletak berdekatan dengan sebuah pura, kemudian ada air terjun kedua yang letaknya terpisah sekitar 200 meter, untuk menikmati keindahannya anda harus berjalan menyusuri sungai, dan hanya bisa dinikmati dari atas saja dan untuk menuju pada bagian bawahnya anda harus menuruni tebing-tebing yang agak susah dijangkau. Kemudian air terjun ketiga melalui akses jalan yang berbeda.

Keindahan yang disuguhkan oleh air terjun Blemantung memang sanggup memberikan warna berbeda saat berwisata, seperti perjalanan menyusuri jalan setapak dan undakan tangga menuju ke lokasi, melintasi perkebunan penduduk menjadi sebuah pengalaman trekking ringan kepada anda, dan berikutnya sebuah keindahan air terjun di balik tebing menjadi ujung perjalanan yang menyenangkan.

Bagi warga lokal mungkin bisa memilih dengan menggunakan kendaraan pribadi, tapi bagi wisatawan bisa sewa mobil di Bali baik itu dengan supir ataupun setir sendiri. Atau bahkan ikut paket tour yang disediakan oleh agen perjalanan anda. Anda bisa menggunakan lokasi dibawah ini untuk mempermudah mengunjunginya.